Gmn kabar nih???
Ane doain selalu sehat yah??
Hem seperti biasa ane coba bahas masalah motor, ane coba bandingkan motor yang melalang buana di Indonesia???
Mungkin perbandingan ini sudah pernah dibahas oleh blog lain??
Tapi ane mencoba lebih terperinci lagi nih gan???
Artikel kali ini ane coba bahas "permusuhan antara Pulsar 220 vs New Scorpio Z", kedua motor ini menjadi raja di pabriknya sendiri??
Tapi apa jadinya jika keduanya kita bandingkan dari berbagai aspek???
Hhhhmmmmm, baiklah mari kita mulai???
Inilah penampakan kedua motornya???
Tetap ane coba bandingkan dari segi Penampilan dan Fitur
- New Scorpio Z
Motor yang sudah lama mengaspal di jalan Indonesia ini memperbarui penampilannya da terlihat sangat segar namun tetap sangar??
Motor yang dibalut mesin 225cc ini terlihat kekar dibalut dengan Striping Api??
Motor yang dibalut mesin 225cc ini terlihat kekar dibalut dengan Striping Api??
Banyak sekali perubahan yang dilakukan???
Lampu yang baru baik lampu depan maupun belakang???
Tanki Bensin berubah dan ini yang membuat New Scorpio Z tampak kekar
Perubahan pun terjadi pada Sasis Belakang dan Kenalpotnya????
Akan tetapi yang masih disayangkan kenapa masih menggunakan speedometer yang masih analog
- Pulsar 220
Pada dasarnya tidak banyak perubahan yang dilakukan oleh BAJAJ untuk pulsar 220 ini. BAJAJ lebih memfokuskan perubahan dalam performa motor ini??
Akan tetapi jangan remehkan Pulsar 220 ini, sejak dulu dalam bidang teknologi BAJAJ lebih mempin dari pada YAMAHA.
Lampu Pulsar 220 ini lah yang menjadikan banyak perubahan dan menjadi ciri khas sang raja
Tangki Pulsar 220 yang sudah gambot menjadi perpaduan yang sangat pas pada motor ini
Disain Body Belakang dan knalpt masih sama dengan Pulsar 200
Dari teknologi Speedometer Pulsar 220 lebih mempin dari New Scorpio Z, Pulsar sudah menggunakan tekhnologi digital yang sudah diakui keakuratannya.,
Sekarang dari segi faktor terpenting, ini adalah dari segi performa motor
- New Scorpio Z
New Scorpio mampu menembus kecepatan samapai 160km/jam.
Engine type: 4 Step, 2 Valve SOHC, Air Cooled
Diameter Stroke: 70.0 x 58.0 mm
Cylinder volume: 223 cm
Cylinder arrangement: Single Cylinder / Vertical
Compression Ratio: 9.50: 1
Max Power: 13,4kW/8000rpm
Max torque: 18,66 Nm/6.500 rpm
Lubrication System: Wet
Engine Oil: Total: 1.4 Liter / Replacement Periodical: 1.2 Liter
Radiator: No
Carburetors (Mikuni) BS30 x 1
Idle speed: No
Air cleaner: No
Transmission: 5 Speed (1-N-2-3-4-5)
Clutch: Wet, manual clutch, Multiplat
Caster / Trail: No
Dental Ratio: No
Starter System: Electric Starter and Kick Starter
- Pulsar 220
Pulsar saat ini mampu menembus 157km/jam
Tipe
Diameter x langkah
Kapasitas
katup per silinder
Pasokan bahan bakar
Perbandingan kompresi
Tenaga maks
Torsi maks
|
1 silinder, 4-langkah, pendingin udara
67 x 62,4 mm
220 cc
2
Karburator, UCAL UCD32
9,5 : 1
21,4 PS @8.500 rpm
19,12 Nm @7.000 rpm
|
Suspensi depan
Suspensi belakang
Rem depan
Rem belakang
Ban depan
Ban belakang
Tangki bensin
|
Teleskopik 130 mm
Nitrogen, travel 90 mm
Cakram 260 mm
Cakram 230 mm
90/90×17″ (tubeless, kompon lunak)
120/80×17″ (tubeless, kompon lunak)
15 liter
|
Panjang
Lebar
Tinggi
Jarak sumbu roda
Jarak terendah
Ketinggian sadel
Berat
|
2.035 mm
750 mm
1.165 mm
1.350 mm
165 mm
795 mm
150 kg
|
Harga kedua Motor ini
- New Scorpio Z motor ini di bandrol dengan harga Rp. 23.790.000,-
- Pulsar 220 motor ini lebih murah dibandingkan lawannya, hanya dibandrol harga Rp. 16.600.000,-
mohon pencerahannya, utk kecepatan itu diukur dgn spedo masing2 ato ada alat ukur kecepatan sendiri. karena bisa saja ada perbedaan kecepatan di keduanya saat spedo masing2 sama2 menunjukkan angka 100
BalasHapusya ini diukur dari masing'' speedo motr'a
HapusNew Scorpio mampu menembus kecepatan samapai 160km/jam. ???? Sumbernya dari mana gan? :D
BalasHapusjiahahahaa....ada si akang juga...salam ah dari semarang...
Hapusbetuulll.karena kalo di pulsar itu akurasi spedonya lebih tingi dibanding motor2 lain..jika di pulsar baru menunjukkan 80kpj, maka di motor lain bisa menunjukkan 100kpj. ada selisih 15-20kpj di motor lain. jadi jika tops speed si raja jengking itu 160, maka di pulsar 220 itu bisa sampai di 170an kpj?? ga percaya, coba di dyno test,,,hehehheh
BalasHapusada ilmu lg nih???
Hapuspulsar tembuus 170 km di dyno???
maksih
Kebalik masbro, di scorpio 160 di pulsar 140-150an...
Hapusya mangap???
HapusWets ternyata faktanya malah kebalik brow...
Hapustop speed PZZO 142km/jam (GPS 138km/jam)
top speed Pio225 150km/jam (GPS 135km/jam)
semuanya standaran...ngetes di sepanjang jalan monas
wow pio SE nampaknya bisa up grade dri 18ps ke 22ps :D ngakak, fazer 250aj cuma 21ps sama dgn p220 yg 21ps juga, si youtube smentara top speed p220 sudah sampe 153-163 search aja....
BalasHapussetahuku power scorpio 19ps, trus 22,3ps sumbernya dr mana?, scorpio yg baru cm d sektor tampilan aja, mesin msh sama dgn seri scorpio pendahulunya alias tak ada perubahan yg sangat signifikan
BalasHapusudah di dest dyno kok mas???
Hapusdyno dimana??, pio baru cuman 18ps... udah tanya temen berdasarkan brosur juga, googling juga gitu, 22ps nya dari mana ya???? mending di edit tuh gan...rada menyesatkan sekaleh
Hapushttp://ototrend.com/ototrend/index.php?option=com_content&view=article&id=1271:guide-dynotest-bajaj-pulsar-220cc-vs-new-scorpio-z&catid=79:guides&Itemid=422
Hapusini info dari mana??
BalasHapuspulsar 220 sampe 157kph???
new scorpio sampe 160kph???
harga p220 16,6jt??udh turun yah?kirain msh 18,6 OTR jakarta
pulsar n scorpio q dah nyoba sendiri???
Hapusuntuk unit tahun 2011 dah turun harga???
blogger pekok kiii kon wkwkwkwk
BalasHapusmhhh
Hapusjangan ngejek donx???
Mohon maaf sebelumnya anonim .
Hapusklo misal ny maw komentar tolong artikel ny saja yang dikomentari
klo kira - kira ada kesalahan tentang informasi di artikel ini mohon di diskusikan , mungkin anda punya ilmu baru ya mohon dibagikan . yang pasti kami membangun blog ini dan memasang artikel y smampu kami dan sesuai dengan sumber dan referensi yang kami dapatkan . trima kasih. ^^
haha ada komen yg diapus...., yg update dong jd bloger..., pio baru tuh 18ps n lbih berat juga...top speed pling kenceng 135-140kpj, gk nemu di utube yg spek standar..pulsar indihe 220 21ps di utube ad yg sampe 163... jdulnya rouser 220f velocidad
BalasHapusaku pake p180 pernah coba bareng dengan temen.. jalan lurus 2 km... pulsar lebih cepat sampe dari pada scorpion.. gak tau lagi kalo 20 km lurus.. (di indonesia ada gak ya 20km lurus)
BalasHapuspake otak kalo ngomong mas..... atau mas masih bocah ya.
HapusBuset... yang boneng gan PIO225 bisa ngalahin P220?... abis berapa duit tuh buat Modif PIO225 supaya powernya bisa nyamain P220?...
BalasHapusSecara
Power P220 unggul jauh
Torsi P220 lebih tinggi
Teknologi P220 menang telak
Irit P220 megang rekor
Harga P220 lebih masuk akal
Berat baru deh PIO225 menang
coba ulang lagi comparenya ya gan...
Ralat om...Power PZZO ama Pio setelah didyno cuma beda tipis kok...
HapusPZZO 19,2hp, Pio 17,7hp...kalo torsi otomatis lebih besar Pio daripada PZZO...
back to spek mesin Pio yg Oversquare dan PZZO yg Overbore...
kalo bicara akselerasi...Pio menang...kalo bicara topspeed...PZZO menang...
yg ane rasain kalo PZZO emang lemot banget di RPM rendah...tp begitu diatas 6000rpm terasa kaya motor 2tak...
kalo ane baca dari dyno sih PZZO lebih linear Power peak daripada Pio...jd intinya dr putaran bawah sampe atas, PZZO lebih stabil speednya...kalo Pio melesat cepat di bawah, tapi ngoyo setelah 120km/jam...
163 tembus pake 220.. mungkin dipio harus ngossan ampe 175kpj
BalasHapussama pulsar 200 aja pio masih imbang gan..........
BalasHapusrpm p 200 baru berkisar 17,X lho...
tergantung jokinya aja, kalau nyaman, lincah, irit pulsar jagonya
setuju....ane udah pernah sering nyoba juga dulu waktu jamannya masih stadaran kondisi mesin pulsar....tapi ane yakin atasnya pio gak bisa ngejar, mentok p200 kan 129kpj dengan deviasi 3-4% dari real speed gps (saft7)pio 15-17% deviasinya... pulsar 129 = 145-150 di pio
Hapusmakasih gan komen nya, p200 yang penting masih karbu ori blm di modif seting pengapian pas 250 aja masih bisa di kejar koq.
Hapustips : Busi pakai champion yg bawaannya, kalau tidak ada sama sekali P200 cuma mau ND, jangan pakai NGK mesin unstable.
P200 saya udah pernah nyampai 148,2 gan waktu race sama ninja250, 2 bulan lalu
p220
BalasHapusSpesifikasi:
Mesin
Tipe: 4 Tak, Pendingin udara, DTS-i, SOHC
Volume Langkah: 220cc
Tenaga Maksimal 21,04 PS @ 8500 rpm
Torsi Maksimal: 19,12 Nm @ 7000 rpm
Starter: Elektrik
Suspensi
Depan: Teleskopik dengan pelapis anti-gesek (stroke 130)
Belakang: Nitrox
Rem
Depan: 260mm Disk
Belakang: 230mm Disk
Tangki
Kapasitas: 15 liter
Reserve, Useable: 3,2 liter, 2 liter
Elektrik
Aki: 12v Full DC
Lampu Depan: Low: Projector Lamp 55 W, High: Ellipsoidal Lamp 55W
Dimensi
Panjang:2.035 mm
Lebar: 750 mm
Tinggi: 1.165 mm
Jarak Sumbu Roda: 1.350 mm
Jarak Terendah Ke Tanah: 165 mm
Berat Kosong: 152 kg
Garansi Mesin: 3 Tahun / 30.000 km
spesifikasi new Scorpio Z
Machine
Tipe Mesin : 4 Langkah, 2 Valve SOHC, Berpendingin Udara
Jumlah / Posisi Silinder : Cylinder Tunggal / Tegak
Volume Silinder : 223 cc
Diameter x Langkah : 70,0 x 58,0 mm
Perbandingan Kompresi : 9,5 : 1
Daya Maksimum : 13,4 kW / 8000 rpm
Torsi Maksimum : 17,5 Nm / 6500 rpm
Sistem Starter : Electric Starter dan Kick Starter
Sistem Pelumasan : Basah
Kapasitas Oli Mesin : Total : 1,4 Liter / Penggantian Berkala : 1,2 Liter
Sistim Bahan Bakar :Karburator BS30 x 1
Tipe Kopling : Basah, Kopling Manual, Multiplat
Tipe Transmisi : Return, 5 Kecepatan
Pola Pengoperasian Transmisi :1–N–2–3–4–5
Chasis
Tipe Rangka : Double Cradle
Suspensi Depan : Teleskopik
Suspensi Belakang : Lengan Ayun, Suspensi Monocross
Ban Depan : 80/100-18M/C 47P
Ban Belakang : 100/90-18M/C 56P
Rem Depan : Cakram
Rem Belakang : Tromol
Electricity
Sistem Pengapian : CDI
Battery : GM7B-4B, YB7-B (12V 7Ah)
Busi : D8EA -9 (NGK)
Dimension
P x L x T : 2.030 mm x 750 mm x 1.095 mm
Jarak Sumbu Roda : 1.295 mm
Jarak Terendah Ke Tanah : 165 mm
Tinggi Tempat Duduk : 770 mm
Berat Isi : 142 kg
Kapasitas Tangki Bensin :
Total : 13 Liter, Cadangan : 2,5 Liter
ini didapet dari brosur dealer gan slahken bandingin ndiri deh........
monggo disimak aja gan???
Hapushttp://ototrend.com/ototrend/index.php?option=com_content&view=article&id=1271:guide-dynotest-bajaj-pulsar-220cc-vs-new-scorpio-z&catid=79:guides&Itemid=422
ini semga manjadi pembantu semua'a??
BalasHapusmaaf kl ada kesalahan penulisan???
http://ototrend.com/ototrend/index.php?option=com_content&view=article&id=1271:guide-dynotest-bajaj-pulsar-220cc-vs-new-scorpio-z&catid=79:guides&Itemid=422
disitu gak ditampilkan lokasi dyno n jenis alat dyno testnya.....lagian gak ditampilkan pula grafik asli hasil dynonya...itu cuma berupa tabel yang sangat2 mungkin n mudah banget dibuat asal-asalan....., mending jangan jadikan sumber gak jelas gitu sebagai acuan gan,..... logika aja
Hapusya mas makasih???
Hapusmaaf kl ada salah??
kl mw lihat spesifikasi asli yamah liah di situsnya mas???
http://www.yamaha-motor.co.id/product/motorcycle/sport/new-scorpio-z/
untuk perhitungah kW mjd hp liat aja dsini??
http://seventyone.wordpress.com/2010/01/22/1-horse-power-hp-1-pk-berapa-kw-kilowatt-dan-berapa-ampere/
maksih dah mw kasih masukan??
semga diatas bisa membantu???
Hahaha...
HapusGw Pengguna N-250..
Gausah Ribet-ribet dynotest segala macem..
Jangan liat dari horsepower juga..
Liat dari "Power To Weight" (Karna kita hidup di dunia nyata bukan diatas kertas)
Yang punya pulsar standar mau jungkir balik guling-guling nangis-nangis kentut-kentut juga ga bakal menang lawan scorpio.
Menang apanya om??
Hapussmua produk punya kelemahan dan kelebihan kan...
Pio menang telak di akselerasi...PZZO menang di topspeed...
tp bener jg sih PWR emang yg harus diperhatikan...klo PWR sangat menang telak Pio...lha 127Kg lawan 148Kg lha menang Pio kmana2...
Tapi kalo dibalikin Ninin250 Ama Cibi250 menang telak mana??masing2 punya keunggulan om...
Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.
HapusYang pasti kedua motor ini tangguh sob...tapi klo buat touring pulsar number wahid daaaah...irit,saat rebah wenak tenan...ga nyesel gue pake pulsy....
BalasHapusPZZO enak dipake rebah gaya Kneedown...kalo dipake gaya supermoto dijamin gubrag... #pengalaman
HapusPio sangat nyaman dipake rebah gaya supermoto...buat gaya Kneedown masih gowelgowel...
Untuk stabilitas : PZZO
Untuk kelincahan : Pio
mantap gan
BalasHapusGan maaf ada yang tau gak kalau harga headlamp pulsar 220 berapa ya?
BalasHapusthx.
800rebuan...belom termasuk fitting lampu ama lampunya
HapusPertimbangkanlah sesuai kebutuhan dan kondisi yang ada.
BalasHapusJelas menang pulsar gan HP lebih tinggi mungkin aksel bagusan pio tapi kalo buat ngebut enakan pulsar 220 lah oh iya harga P220 itu bknya dah 19 lebih yah
BalasHapushebat2 semua ngaku nya yg punya pulsar ni..
BalasHapusyg pasti pio ku thn 06 blm pernah kalah dengan yg namanya generasi pulsar 180-220. jarak dekat dan jarak jauh. TQ
kl di atas kertas apa yg nga bisa di bilang di jalan pembuktian nya.
Moso?? kayanya udah ada deh di yutup vidionya tuh (220vsPio)...sama2 standaran ngetes di Monas...
Hapusya ngetes antar Club Pulsar dengan Club Scorpio...dan udah ada reviewnya kok...
dan ternyata masing2 punya kelebihan dan kekurangan...
pio standart kalo sudah panas,larinya hanya 120km/jam pake gps.Udah nyoba jogja cilacap.kenyataannya begitu,tenaga pio ngempos kalo udah panas.tapi mudah ngakalinnya pake pendingin oli py satria fu,pakenya dua,biar piston tetp dingin n gaya gesek mesin ga bertambah.silahakan di coba sendiri n dites sendiri,memng pio punya banyak kelemahan dimesin,saya yakin yamaha sudah tahu itu,tinggal tunggu waktu kapan yamaha mau bermurah hati mengubah mesin pio sekualitas dengan vixonnya.ini masukan buat manajemn yamaha,kalo salesnya maha kagak bisa dberi masukan karen semua brang yang dijualnya pasti dibilang bagus,maklum bro sales bisanya ngejual bukan memperbaiki mesin,ya biarin aja kekurngannya bilang aja udah sempurna ke konsumen.gtu kan laku.oh ya vixen lghtening mantap teknologinya,enak buat turing,cuman mohon power ntosrinya ditambha lagi,buat ngimbangi cb150sf standart yg powernya cuma 13,75 ps...new vixion 14,3 ps,ditambah jadi 15 aja,biar imbang acelerasinya dg cb 150 sf.ini masukan bwt yamaha,smga dterima.bukan menutp2i kekurangan tapi berani menyatakan kekurangan dan memperbaikinya sehingga bahkan dapat mempunyai kelebihan yang melampaui harapan konsumen.
BalasHapusBajey juga sama om...ane pake PZZO ama Pio...ternyata penyakitnya sebelas duabelas...kalo panas langsung ngoyo...cuma enaknya Pio kalo panas ga sampe ke dalem sepatu...kalo PZZO panasnya kerasa banget ke kaki...
HapusPio manteb buat tekuk2 setang buat nyelip2 macet
PZZO mampus abis kaga bisa nyelip2 gara2 kegedean batok
Pio manteb buat belok gaya2 sliding
PZZO mantep buat belok gaya motogepeh
Pio manteb buat jingkrak2, kalo PZZO mapus berat beud
PZZO mantep buat nunduk2 gaya pembalap, Pio mampus aje dikepret angin
Pio diatas 120km/jam mulai gowel2
PZZO diatas 120km/jam masih anteng stabil
aaaahhhh cape bahas motor kalo ada Fansboy bro...kalo buat ane semua merk ada Plus Minusnya deh...
kalo ane lebih asik pake Pio...soalnya enteng...malah PZZO ane udah jarang dipake gara2 sempet jatoh gara2 puter balik...aseli motornya berat banget...
mªªntªªªppp dah komen2 nya ....ane jadi bingung mau pilih mana wkwkwkwk...
BalasHapushehehe...
BalasHapusmbok ya jangan gitu..
saya pengguna scorpio z (edisi juni 2010->model lama)
ini aja yang katanya cuma "125kg" kosongannya, kerasa berat banget..Apalagi Pulsar?
(wokwokwok, maklum berat ane cuma 58kg tinggi 168cm).
gini dah, saya jabarin kekurangannya pio ;
- kondisi mesin standar mentok 135km/jam on speedo, minum premium.
- kondisi pakai karburator pe28 thailand mentok 120km/jam on speedo, di gir 3 rpm 11ribu.
- pas standar di dyno dengan roller inertia 1.5 cuma 17,8dk.
- pas dah ganti karburator pe28 thailand, di mesin dyno yang sama cuma 20dk.
- lain soal kalau dah ganti knalpot, bore-up, cdi racing, rombak girbox, balancing kruk as..JELAS BEDA JUUUAUUUH dari kondisi standar nya.
- dudukan monoshock perlu di bersihkan minimal 2 bulan sekali, dan di lumasi anti karat seminggu sekali supaya gak bunyi.
- rem bawaan nya kerasa kurang pakem kalau dah ganti karburator skep.
kalau kelebihannya menurut saya ;
- buat jalan tanjakan, lari 100km/jam on speedo, ENTENG.
- rantai camshaft dan rantai roda nya uawet, meski sering dibawa >100km/jam rpm>9500.
- bisa lebih ngirit kalau diisi premium(kompresi mesin scorpio 9,5:1), dibanding motor lain yang butuh asupan pertamax (dengan kompresi mesin >10:1).
- akselerasi awalnya (0-80km/jam), bisa lah nempel ninja Z250R yang dah pakai knalpot akrapovic.
ITU SEMUA DENGAN CATATAN, SCORPIO NYA SEHAT...
^_^ -Salam Ngebut-
Sama2 bagus. Tinggal pilih suka yang mana.
BalasHapusKalo ane kbetulan pengguna scorpio, dan ada punya adik ane pzzo. Kalo mau buat jalan harian di jakarta jelas pio menang telak. Putaran bawahnya maknyus, derajat belok stang jg lebih jauh memudahkan kita kalo lagi nyelip2 waktu macet.
Kalo ngomongin top speed beda2 tipis, memang pzzo agak lebih kenceng diatas. Cm ngalo ngkmongin mau diadu, hehe... didepan dah ktinggalan jauh bro, kalo berharap diatas yg lebih kenceng dikit ya gmn mau ngejarnya.
Mas reza maulana bisa diambil tuh komennya bner.
Berdasarkan pengalaman ngebut bareng ane pake pio n ngelawan pzzo dalam kondisi plat kopling ane abis mulai dari ragunan tb simatupang sampe ciputat, pzzo berak2 kentut2 tetep ga bs ngelawan.
Trus kl ngomongin di trek panjang cianjur-bandung ngebut jg sama pzzo ade ane. Tetep pzzo masih berak2 kentut2 pzzo ga bisa ngelawan. Salam buat S.A.P.
Btw pio ane tahun 2008 full ori kecuali ban dan velg yg digedein.
Mas... kalo jalannya lurus dari jakarta sampe tegal bisa kali ya pulsar 220 ngalahin scorpio z... hihiy...
BalasHapusEmang masih ada ya dealer bajaj?
BalasHapusBentar lg banyak yg dikiloin ke loakan tuh motor ditinggal yg jualnya wakakakak