Selasa, 15 Mei 2012

RAJA PULSAR VS RAJA YAMAHA (PULSAR 220 VS NEW SCORPIO Z)


Hallo agan semuanya???
Gmn kabar nih???
Ane doain selalu sehat yah??

Hem seperti biasa ane coba bahas masalah motor, ane coba bandingkan motor yang melalang buana di Indonesia???
Mungkin perbandingan ini sudah pernah dibahas oleh blog lain??
Tapi ane mencoba lebih terperinci lagi nih gan???

Artikel kali ini ane coba bahas "permusuhan antara Pulsar 220 vs New Scorpio Z", kedua motor ini menjadi raja di pabriknya sendiri??
Tapi apa jadinya jika keduanya kita bandingkan dari berbagai aspek???
Hhhhmmmmm, baiklah mari kita mulai???

Inilah penampakan kedua motornya???












Tetap ane coba bandingkan dari segi Penampilan dan Fitur



  • New Scorpio Z
Motor yang sudah lama mengaspal di jalan Indonesia ini memperbarui penampilannya da  terlihat sangat segar namun tetap sangar??
Motor yang dibalut mesin 225cc ini terlihat kekar dibalut dengan Striping Api??
Banyak sekali perubahan yang dilakukan???

Lampu yang baru baik lampu depan maupun belakang???


Tanki Bensin berubah dan ini yang membuat New Scorpio Z tampak kekar



Perubahan pun terjadi pada Sasis Belakang dan Kenalpotnya????


Akan tetapi yang masih disayangkan kenapa masih menggunakan speedometer yang masih analog




  • Pulsar 220
Pada dasarnya tidak banyak perubahan yang dilakukan oleh BAJAJ untuk pulsar 220 ini. BAJAJ lebih memfokuskan perubahan dalam performa motor ini??
Akan tetapi jangan remehkan Pulsar 220 ini, sejak dulu dalam bidang teknologi BAJAJ lebih mempin dari pada YAMAHA.

Lampu Pulsar 220 ini lah yang menjadikan banyak perubahan dan menjadi ciri khas sang raja


Tangki Pulsar 220 yang sudah gambot menjadi perpaduan yang sangat pas pada motor ini


Disain Body Belakang dan knalpt masih sama dengan Pulsar 200

Dari teknologi Speedometer Pulsar 220 lebih mempin dari New Scorpio Z, Pulsar sudah menggunakan tekhnologi digital yang sudah diakui keakuratannya.,



Sekarang dari segi faktor terpenting, ini adalah dari segi performa motor

  • New Scorpio Z
New Scorpio mampu menembus kecepatan samapai 160km/jam.

Engine type: 4 Step, 2 Valve SOHC, Air Cooled
Diameter Stroke: 70.0 x 58.0 mm
Cylinder volume: 223 cm
Cylinder arrangement: Single Cylinder / Vertical
Compression Ratio: 9.50: 1
Max Power: 13,4kW/8000rpm
Max torque: 18,66 Nm/6.500 rpm
Lubrication System: Wet
Engine Oil: Total: 1.4 Liter / Replacement Periodical: 1.2 Liter
Radiator: No
Carburetors (Mikuni) BS30 x 1
Idle speed: No
Air cleaner: No
Transmission: 5 Speed ​​(1-N-2-3-4-5)
Clutch: Wet, manual clutch, Multiplat
Caster / Trail: No
Dental Ratio: No
Starter System: Electric Starter and Kick Starter

  • Pulsar 220
Pulsar saat ini mampu menembus 157km/jam

Tipe
Diameter x langkah
Kapasitas
katup per silinder
Pasokan bahan bakar
Perbandingan kompresi
Tenaga maks
Torsi maks
1 silinder, 4-langkah, pendingin udara
67 x 62,4 mm
220 cc
2
Karburator, UCAL UCD32
9,5 : 1
21,4 PS @8.500 rpm
19,12 Nm @7.000 rpm
Suspensi depan
Suspensi belakang
Rem depan
Rem belakang
Ban depan
Ban belakang
Tangki bensin
Teleskopik 130 mm
Nitrogen, travel 90 mm
Cakram 260 mm
Cakram 230 mm
90/90×17″ (tubeless, kompon lunak)
120/80×17″ (tubeless, kompon lunak)
15 liter
Panjang
Lebar
Tinggi
Jarak sumbu roda
Jarak terendah
Ketinggian sadel
Berat
2.035 mm
750 mm
1.165 mm
1.350 mm
165 mm
795 mm
150 kg


Harga kedua Motor ini
  • New Scorpio Z motor ini di bandrol dengan harga Rp. 23.790.000,-
  • Pulsar 220 motor ini lebih murah dibandingkan lawannya, hanya dibandrol harga Rp. 16.600.000,-

52 komentar:

  1. mohon pencerahannya, utk kecepatan itu diukur dgn spedo masing2 ato ada alat ukur kecepatan sendiri. karena bisa saja ada perbedaan kecepatan di keduanya saat spedo masing2 sama2 menunjukkan angka 100

    BalasHapus
  2. New Scorpio mampu menembus kecepatan samapai 160km/jam. ???? Sumbernya dari mana gan? :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. jiahahahaa....ada si akang juga...salam ah dari semarang...

      Hapus
  3. betuulll.karena kalo di pulsar itu akurasi spedonya lebih tingi dibanding motor2 lain..jika di pulsar baru menunjukkan 80kpj, maka di motor lain bisa menunjukkan 100kpj. ada selisih 15-20kpj di motor lain. jadi jika tops speed si raja jengking itu 160, maka di pulsar 220 itu bisa sampai di 170an kpj?? ga percaya, coba di dyno test,,,hehehheh

    BalasHapus
    Balasan
    1. ada ilmu lg nih???
      pulsar tembuus 170 km di dyno???

      maksih

      Hapus
    2. Kebalik masbro, di scorpio 160 di pulsar 140-150an...

      Hapus
    3. Wets ternyata faktanya malah kebalik brow...

      top speed PZZO 142km/jam (GPS 138km/jam)

      top speed Pio225 150km/jam (GPS 135km/jam)

      semuanya standaran...ngetes di sepanjang jalan monas


      Hapus
  4. wow pio SE nampaknya bisa up grade dri 18ps ke 22ps :D ngakak, fazer 250aj cuma 21ps sama dgn p220 yg 21ps juga, si youtube smentara top speed p220 sudah sampe 153-163 search aja....

    BalasHapus
  5. setahuku power scorpio 19ps, trus 22,3ps sumbernya dr mana?, scorpio yg baru cm d sektor tampilan aja, mesin msh sama dgn seri scorpio pendahulunya alias tak ada perubahan yg sangat signifikan

    BalasHapus
    Balasan
    1. udah di dest dyno kok mas???

      Hapus
    2. dyno dimana??, pio baru cuman 18ps... udah tanya temen berdasarkan brosur juga, googling juga gitu, 22ps nya dari mana ya???? mending di edit tuh gan...rada menyesatkan sekaleh

      Hapus
    3. http://ototrend.com/ototrend/index.php?option=com_content&view=article&id=1271:guide-dynotest-bajaj-pulsar-220cc-vs-new-scorpio-z&catid=79:guides&Itemid=422

      Hapus
  6. ini info dari mana??
    pulsar 220 sampe 157kph???
    new scorpio sampe 160kph???

    harga p220 16,6jt??udh turun yah?kirain msh 18,6 OTR jakarta

    BalasHapus
    Balasan
    1. pulsar n scorpio q dah nyoba sendiri???

      untuk unit tahun 2011 dah turun harga???

      Hapus
  7. blogger pekok kiii kon wkwkwkwk

    BalasHapus
    Balasan
    1. Mohon maaf sebelumnya anonim .
      klo misal ny maw komentar tolong artikel ny saja yang dikomentari
      klo kira - kira ada kesalahan tentang informasi di artikel ini mohon di diskusikan , mungkin anda punya ilmu baru ya mohon dibagikan . yang pasti kami membangun blog ini dan memasang artikel y smampu kami dan sesuai dengan sumber dan referensi yang kami dapatkan . trima kasih. ^^

      Hapus
  8. haha ada komen yg diapus...., yg update dong jd bloger..., pio baru tuh 18ps n lbih berat juga...top speed pling kenceng 135-140kpj, gk nemu di utube yg spek standar..pulsar indihe 220 21ps di utube ad yg sampe 163... jdulnya rouser 220f velocidad

    BalasHapus
  9. aku pake p180 pernah coba bareng dengan temen.. jalan lurus 2 km... pulsar lebih cepat sampe dari pada scorpion.. gak tau lagi kalo 20 km lurus.. (di indonesia ada gak ya 20km lurus)

    BalasHapus
    Balasan
    1. pake otak kalo ngomong mas..... atau mas masih bocah ya.

      Hapus
  10. Buset... yang boneng gan PIO225 bisa ngalahin P220?... abis berapa duit tuh buat Modif PIO225 supaya powernya bisa nyamain P220?...
    Secara
    Power P220 unggul jauh
    Torsi P220 lebih tinggi
    Teknologi P220 menang telak
    Irit P220 megang rekor
    Harga P220 lebih masuk akal
    Berat baru deh PIO225 menang
    coba ulang lagi comparenya ya gan...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ralat om...Power PZZO ama Pio setelah didyno cuma beda tipis kok...

      PZZO 19,2hp, Pio 17,7hp...kalo torsi otomatis lebih besar Pio daripada PZZO...
      back to spek mesin Pio yg Oversquare dan PZZO yg Overbore...

      kalo bicara akselerasi...Pio menang...kalo bicara topspeed...PZZO menang...
      yg ane rasain kalo PZZO emang lemot banget di RPM rendah...tp begitu diatas 6000rpm terasa kaya motor 2tak...

      kalo ane baca dari dyno sih PZZO lebih linear Power peak daripada Pio...jd intinya dr putaran bawah sampe atas, PZZO lebih stabil speednya...kalo Pio melesat cepat di bawah, tapi ngoyo setelah 120km/jam...

      Hapus
  11. 163 tembus pake 220.. mungkin dipio harus ngossan ampe 175kpj

    BalasHapus
  12. sama pulsar 200 aja pio masih imbang gan..........
    rpm p 200 baru berkisar 17,X lho...
    tergantung jokinya aja, kalau nyaman, lincah, irit pulsar jagonya

    BalasHapus
    Balasan
    1. setuju....ane udah pernah sering nyoba juga dulu waktu jamannya masih stadaran kondisi mesin pulsar....tapi ane yakin atasnya pio gak bisa ngejar, mentok p200 kan 129kpj dengan deviasi 3-4% dari real speed gps (saft7)pio 15-17% deviasinya... pulsar 129 = 145-150 di pio

      Hapus
    2. makasih gan komen nya, p200 yang penting masih karbu ori blm di modif seting pengapian pas 250 aja masih bisa di kejar koq.
      tips : Busi pakai champion yg bawaannya, kalau tidak ada sama sekali P200 cuma mau ND, jangan pakai NGK mesin unstable.
      P200 saya udah pernah nyampai 148,2 gan waktu race sama ninja250, 2 bulan lalu

      Hapus
  13. p220
    Spesifikasi:
    Mesin
    Tipe: 4 Tak, Pendingin udara, DTS-i, SOHC
    Volume Langkah: 220cc
    Tenaga Maksimal 21,04 PS @ 8500 rpm
    Torsi Maksimal: 19,12 Nm @ 7000 rpm
    Starter: Elektrik
    Suspensi
    Depan: Teleskopik dengan pelapis anti-gesek (stroke 130)
    Belakang: Nitrox
    Rem
    Depan: 260mm Disk
    Belakang: 230mm Disk
    Tangki
    Kapasitas: 15 liter
    Reserve, Useable: 3,2 liter, 2 liter
    Elektrik
    Aki: 12v Full DC
    Lampu Depan: Low: Projector Lamp 55 W, High: Ellipsoidal Lamp 55W
    Dimensi
    Panjang:2.035 mm
    Lebar: 750 mm
    Tinggi: 1.165 mm
    Jarak Sumbu Roda: 1.350 mm
    Jarak Terendah Ke Tanah: 165 mm
    Berat Kosong: 152 kg
    Garansi Mesin: 3 Tahun / 30.000 km

    spesifikasi new Scorpio Z
    Machine
    Tipe Mesin : 4 Langkah, 2 Valve SOHC, Berpendingin Udara
    Jumlah / Posisi Silinder : Cylinder Tunggal / Tegak
    Volume Silinder : 223 cc
    Diameter x Langkah : 70,0 x 58,0 mm
    Perbandingan Kompresi : 9,5 : 1
    Daya Maksimum : 13,4 kW / 8000 rpm
    Torsi Maksimum : 17,5 Nm / 6500 rpm
    Sistem Starter : Electric Starter dan Kick Starter
    Sistem Pelumasan : Basah
    Kapasitas Oli Mesin : Total : 1,4 Liter / Penggantian Berkala : 1,2 Liter
    Sistim Bahan Bakar :Karburator BS30 x 1
    Tipe Kopling : Basah, Kopling Manual, Multiplat
    Tipe Transmisi : Return, 5 Kecepatan
    Pola Pengoperasian Transmisi :1–N–2–3–4–5
    Chasis
    Tipe Rangka : Double Cradle
    Suspensi Depan : Teleskopik
    Suspensi Belakang : Lengan Ayun, Suspensi Monocross
    Ban Depan : 80/100-18M/C 47P
    Ban Belakang : 100/90-18M/C 56P
    Rem Depan : Cakram
    Rem Belakang : Tromol
    Electricity
    Sistem Pengapian : CDI
    Battery : GM7B-4B, YB7-B (12V 7Ah)
    Busi : D8EA -9 (NGK)
    Dimension
    P x L x T : 2.030 mm x 750 mm x 1.095 mm
    Jarak Sumbu Roda : 1.295 mm
    Jarak Terendah Ke Tanah : 165 mm
    Tinggi Tempat Duduk : 770 mm
    Berat Isi : 142 kg
    Kapasitas Tangki Bensin :
    Total : 13 Liter, Cadangan : 2,5 Liter
    ini didapet dari brosur dealer gan slahken bandingin ndiri deh........

    BalasHapus
    Balasan
    1. monggo disimak aja gan???
      http://ototrend.com/ototrend/index.php?option=com_content&view=article&id=1271:guide-dynotest-bajaj-pulsar-220cc-vs-new-scorpio-z&catid=79:guides&Itemid=422

      Hapus
  14. ini semga manjadi pembantu semua'a??
    maaf kl ada kesalahan penulisan???

    http://ototrend.com/ototrend/index.php?option=com_content&view=article&id=1271:guide-dynotest-bajaj-pulsar-220cc-vs-new-scorpio-z&catid=79:guides&Itemid=422

    BalasHapus
    Balasan
    1. disitu gak ditampilkan lokasi dyno n jenis alat dyno testnya.....lagian gak ditampilkan pula grafik asli hasil dynonya...itu cuma berupa tabel yang sangat2 mungkin n mudah banget dibuat asal-asalan....., mending jangan jadikan sumber gak jelas gitu sebagai acuan gan,..... logika aja

      Hapus
    2. ya mas makasih???
      maaf kl ada salah??
      kl mw lihat spesifikasi asli yamah liah di situsnya mas???
      http://www.yamaha-motor.co.id/product/motorcycle/sport/new-scorpio-z/

      untuk perhitungah kW mjd hp liat aja dsini??
      http://seventyone.wordpress.com/2010/01/22/1-horse-power-hp-1-pk-berapa-kw-kilowatt-dan-berapa-ampere/

      maksih dah mw kasih masukan??
      semga diatas bisa membantu???

      Hapus
    3. Hahaha...
      Gw Pengguna N-250..
      Gausah Ribet-ribet dynotest segala macem..
      Jangan liat dari horsepower juga..
      Liat dari "Power To Weight" (Karna kita hidup di dunia nyata bukan diatas kertas)
      Yang punya pulsar standar mau jungkir balik guling-guling nangis-nangis kentut-kentut juga ga bakal menang lawan scorpio.

      Hapus
    4. Menang apanya om??

      smua produk punya kelemahan dan kelebihan kan...

      Pio menang telak di akselerasi...PZZO menang di topspeed...

      tp bener jg sih PWR emang yg harus diperhatikan...klo PWR sangat menang telak Pio...lha 127Kg lawan 148Kg lha menang Pio kmana2...

      Tapi kalo dibalikin Ninin250 Ama Cibi250 menang telak mana??masing2 punya keunggulan om...

      Hapus
    5. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

      Hapus
  15. Yang pasti kedua motor ini tangguh sob...tapi klo buat touring pulsar number wahid daaaah...irit,saat rebah wenak tenan...ga nyesel gue pake pulsy....

    BalasHapus
    Balasan
    1. PZZO enak dipake rebah gaya Kneedown...kalo dipake gaya supermoto dijamin gubrag... #pengalaman

      Pio sangat nyaman dipake rebah gaya supermoto...buat gaya Kneedown masih gowelgowel...

      Untuk stabilitas : PZZO
      Untuk kelincahan : Pio

      Hapus
  16. Gan maaf ada yang tau gak kalau harga headlamp pulsar 220 berapa ya?
    thx.

    BalasHapus
    Balasan
    1. 800rebuan...belom termasuk fitting lampu ama lampunya

      Hapus
  17. Pertimbangkanlah sesuai kebutuhan dan kondisi yang ada.

    BalasHapus
  18. Jelas menang pulsar gan HP lebih tinggi mungkin aksel bagusan pio tapi kalo buat ngebut enakan pulsar 220 lah oh iya harga P220 itu bknya dah 19 lebih yah

    BalasHapus
  19. hebat2 semua ngaku nya yg punya pulsar ni..
    yg pasti pio ku thn 06 blm pernah kalah dengan yg namanya generasi pulsar 180-220. jarak dekat dan jarak jauh. TQ
    kl di atas kertas apa yg nga bisa di bilang di jalan pembuktian nya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Moso?? kayanya udah ada deh di yutup vidionya tuh (220vsPio)...sama2 standaran ngetes di Monas...

      ya ngetes antar Club Pulsar dengan Club Scorpio...dan udah ada reviewnya kok...

      dan ternyata masing2 punya kelebihan dan kekurangan...

      Hapus
  20. pio standart kalo sudah panas,larinya hanya 120km/jam pake gps.Udah nyoba jogja cilacap.kenyataannya begitu,tenaga pio ngempos kalo udah panas.tapi mudah ngakalinnya pake pendingin oli py satria fu,pakenya dua,biar piston tetp dingin n gaya gesek mesin ga bertambah.silahakan di coba sendiri n dites sendiri,memng pio punya banyak kelemahan dimesin,saya yakin yamaha sudah tahu itu,tinggal tunggu waktu kapan yamaha mau bermurah hati mengubah mesin pio sekualitas dengan vixonnya.ini masukan buat manajemn yamaha,kalo salesnya maha kagak bisa dberi masukan karen semua brang yang dijualnya pasti dibilang bagus,maklum bro sales bisanya ngejual bukan memperbaiki mesin,ya biarin aja kekurngannya bilang aja udah sempurna ke konsumen.gtu kan laku.oh ya vixen lghtening mantap teknologinya,enak buat turing,cuman mohon power ntosrinya ditambha lagi,buat ngimbangi cb150sf standart yg powernya cuma 13,75 ps...new vixion 14,3 ps,ditambah jadi 15 aja,biar imbang acelerasinya dg cb 150 sf.ini masukan bwt yamaha,smga dterima.bukan menutp2i kekurangan tapi berani menyatakan kekurangan dan memperbaikinya sehingga bahkan dapat mempunyai kelebihan yang melampaui harapan konsumen.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bajey juga sama om...ane pake PZZO ama Pio...ternyata penyakitnya sebelas duabelas...kalo panas langsung ngoyo...cuma enaknya Pio kalo panas ga sampe ke dalem sepatu...kalo PZZO panasnya kerasa banget ke kaki...

      Pio manteb buat tekuk2 setang buat nyelip2 macet
      PZZO mampus abis kaga bisa nyelip2 gara2 kegedean batok
      Pio manteb buat belok gaya2 sliding
      PZZO mantep buat belok gaya motogepeh
      Pio manteb buat jingkrak2, kalo PZZO mapus berat beud
      PZZO mantep buat nunduk2 gaya pembalap, Pio mampus aje dikepret angin
      Pio diatas 120km/jam mulai gowel2
      PZZO diatas 120km/jam masih anteng stabil

      aaaahhhh cape bahas motor kalo ada Fansboy bro...kalo buat ane semua merk ada Plus Minusnya deh...
      kalo ane lebih asik pake Pio...soalnya enteng...malah PZZO ane udah jarang dipake gara2 sempet jatoh gara2 puter balik...aseli motornya berat banget...

      Hapus
  21. mªªntªªªppp dah komen2 nya ....ane jadi bingung mau pilih mana wkwkwkwk...

    BalasHapus
  22. hehehe...
    mbok ya jangan gitu..

    saya pengguna scorpio z (edisi juni 2010->model lama)
    ini aja yang katanya cuma "125kg" kosongannya, kerasa berat banget..Apalagi Pulsar?
    (wokwokwok, maklum berat ane cuma 58kg tinggi 168cm).
    gini dah, saya jabarin kekurangannya pio ;
    - kondisi mesin standar mentok 135km/jam on speedo, minum premium.
    - kondisi pakai karburator pe28 thailand mentok 120km/jam on speedo, di gir 3 rpm 11ribu.
    - pas standar di dyno dengan roller inertia 1.5 cuma 17,8dk.
    - pas dah ganti karburator pe28 thailand, di mesin dyno yang sama cuma 20dk.
    - lain soal kalau dah ganti knalpot, bore-up, cdi racing, rombak girbox, balancing kruk as..JELAS BEDA JUUUAUUUH dari kondisi standar nya.
    - dudukan monoshock perlu di bersihkan minimal 2 bulan sekali, dan di lumasi anti karat seminggu sekali supaya gak bunyi.
    - rem bawaan nya kerasa kurang pakem kalau dah ganti karburator skep.

    kalau kelebihannya menurut saya ;
    - buat jalan tanjakan, lari 100km/jam on speedo, ENTENG.
    - rantai camshaft dan rantai roda nya uawet, meski sering dibawa >100km/jam rpm>9500.
    - bisa lebih ngirit kalau diisi premium(kompresi mesin scorpio 9,5:1), dibanding motor lain yang butuh asupan pertamax (dengan kompresi mesin >10:1).
    - akselerasi awalnya (0-80km/jam), bisa lah nempel ninja Z250R yang dah pakai knalpot akrapovic.

    ITU SEMUA DENGAN CATATAN, SCORPIO NYA SEHAT...
    ^_^ -Salam Ngebut-

    BalasHapus
  23. Sama2 bagus. Tinggal pilih suka yang mana.
    Kalo ane kbetulan pengguna scorpio, dan ada punya adik ane pzzo. Kalo mau buat jalan harian di jakarta jelas pio menang telak. Putaran bawahnya maknyus, derajat belok stang jg lebih jauh memudahkan kita kalo lagi nyelip2 waktu macet.

    Kalo ngomongin top speed beda2 tipis, memang pzzo agak lebih kenceng diatas. Cm ngalo ngkmongin mau diadu, hehe... didepan dah ktinggalan jauh bro, kalo berharap diatas yg lebih kenceng dikit ya gmn mau ngejarnya.

    Mas reza maulana bisa diambil tuh komennya bner.

    Berdasarkan pengalaman ngebut bareng ane pake pio n ngelawan pzzo dalam kondisi plat kopling ane abis mulai dari ragunan tb simatupang sampe ciputat, pzzo berak2 kentut2 tetep ga bs ngelawan.

    Trus kl ngomongin di trek panjang cianjur-bandung ngebut jg sama pzzo ade ane. Tetep pzzo masih berak2 kentut2 pzzo ga bisa ngelawan. Salam buat S.A.P.

    Btw pio ane tahun 2008 full ori kecuali ban dan velg yg digedein.

    BalasHapus
  24. Mas... kalo jalannya lurus dari jakarta sampe tegal bisa kali ya pulsar 220 ngalahin scorpio z... hihiy...

    BalasHapus
  25. Emang masih ada ya dealer bajaj?
    Bentar lg banyak yg dikiloin ke loakan tuh motor ditinggal yg jualnya wakakakak

    BalasHapus