Selasa, 24 April 2012

Pulsar 135 vs New Jupiter MX vs CS1

hay agan semuanya, ,setelah kemarin ane bahas Pulsar 220 vs Tiger, sekarang ane coba bahas Pulsar 135 vs New Jupiter MX vs CS1. Heeemmmm dilihat dari kapasitan mesin,3 motor ini memiliki kapasitas yang sama yaitu 135cc, tapi bagaimana disain dan performa motornya??????
Mari kita kupas bersama.

Ini penampakan 3 motor tersebut Pulsar 135, New Jupiter MX, CS1


Ane coba mulai dari desain ketiga motor ini


  • Pulsar 135

Pulsar 135 memang memilikin desan motor sport lain dengan New Jupiter MX maupun CS1, ini mungkin menjadi hal lebih dari Pulsar. Speedometer Pulsarpun menggunakan Digital Speedo. 
Akan tetapi Pulsar pun mempunya kelemahan dari sisi Suspensi dan Pengereman. Pulsar masih menganut Suspensi double shock dan Pengereman yang masih tromol. Sangat beda dengan 2 motor kompetitornya.
nih penampakan Suspensinya
ni juga penampakan rem belakangnya

  • New Jupiter MX
New Jupiter MX adalah penghuni lama yang merajai motor bebek. tetapi kali ini datang dengan penampilan yang sungguh fresh. Banyak sekali perubahan yang dilakukan oleh pabrik Yamaha untuk melahirkan New Jupiter MX ini. Mari kita lihat penampakan terbarunya

Akan tetapi yang agak disayangkan adalah Speedometer yang masih analog. Sangat ketinggalan dari kedua kompetitornya.

Hal baru lainnya dari sisi Pengereman. MX yang sekarang sudah menggunakan cakram pada rem belakangnya.

  • CS1
CS1 merupakan Motor bebek keluaran Honda yang memiliki kapasitas cc terbesar. Speedo meter CS1 sudah menganut sistem Full Digital.


CS1 pun sudah menggunakan rem cakram belakang dari awal CS1 meluncur di pasaran.

Huft saat yang paling ditunggu nih, kita lihat performa dan spesifikasi dari 3 motor ini agan semuanya


  • Pulsar 135
Volume langkah134.66 cc
Perbandingan kompresi9.8 : 1
Tenaga Maksimal13.5 @9000 rpm
Torsi Maksimal11.4 @7500
Tipe Mesin4 Tak DTS-I 4 Katup
Transmisi5 Kecepatan
StarterKick + Elektrik
Aki12v Full DC
Tipe RangkaRobust Single Down Tube
Ban depan2.75 x 17.41P
Ban belakang100/90 x 17.55P
Rem Depan240mm Cakram
Rem Belakang130mm Tromol
Suspensi DepanTeleskopik dengan pelapis anti-gesek
Suspensi BelakangNitroX
Panjang1.995mm
Lebar765mm
Tinggi1.045mm
Jarak sumbu roda1325mm
Berat kosong122 Kg
Kapasitas tangki8 Liter
  • New Jupiter MX
Tipe Mesin:4 Langkah, 4 Valve SOHC, Berpendingin Cairan
Diameter Langkah:54,0 x 58,7 mm
Volume Silinder:134,4 cc
Susunan Silinder:Cylinder Tunggal / Tegak
Perbandingan Kompresi:10,9 : 1
Power Max:Manual Clutch: 9.21kW / 8500rpm | ATCW: 8.93kW / 8500rpm
Torsi Max:Manual Clutch: 12,14 Nm / 6000 rpm | ATCW: 11.79 / 6000rpm
Sistem Pelumasan:Basah
Oli Mesin:Total 1.150 Liter | Berkala 0.94 Liter
Radiator:-
Karburator:-
Putaran Langsam:-
Saringan udara:-
Transmisi:Manual Clutch: Return, 5 Kecepatan (1-N-2-3-4-5) | ATCW: Rotary 4 Kecepatan (N-1-2-3-4-N)
Kopling:Manual Clutch: Basah, Kopling manual, Multiplat | ATCW: Basah, Kopling sentrifugal, Multiplat
Caster / Trail:-
Rasio Gigi:-
Sistem Starter:Electric Starter dan Kick Starter

  • CS1

Panjang X lebar X tinggi
:1.923 x 682 x 1.042 mm
 Jarak sumbu roda:1.251 mm
 Jarak terendah ke tanah:130 mm
 Berat kosong:114 kg
 Tipe rangka:Twin Tube Frame
 Tipe suspensi depan:Teleskopik
 Tipe suspensi belakang:Tunggal ( Monoshock )
 Ukuran ban depan:70/90 - 17 M/C 38P
 Ukuran ban belakang:80/90 - 17 M/C 44P
 Rem depan:Cakram hidrolik dengan piston ganda
 Rem belakang:Cakram hidrolik dengan piston tunggal
 Kapasitas tangki bahan bakar:4,1 liter
 Tipe mesin:4 langkah, OHC, pendingin air
 Diameter x langkah:58 x 47,2 mm
 Volume langkah:124,7 cc
 Perbandingan kompresi:10,7 : 1
 Daya maksimum:12,8 PS / 10.000 rpm
 Torsi maksimum:1.04 kgf.m / 7500 rpm
 Kapasitas minyak pelumas mesin:1,0 liter pada penggantian periodik
 Kopling Otomatis:Manual. multiplate wel clutch
 Gigi transmsi:5 kecepatan
 Pola pengoperan gigi:1-N-2-3-4-5
 Starter:Electrik Starter & Kick Starter
 Aki:MF, 12 V - 3,5 A.h
 Busi:ND U24ESR-N / NGK CR8E
 Sistem pengapian:DC - CDI


Spesifikasi sudah ane bahas, agan udah punya pilihan??????
Sekarang kita lihat harganya untuk daerah jabotabek

  • Pulsar 135 dibandrol harga Rp 14.750.000
  • New Jupiter MX dibandol harga Rp 16.700.000
  • CS1 dibandrol harga Rp 17.300.000

Dah mantap kan gan pilih yang mana????

THANKS, Semoga membantu agan semuanya

3 komentar:

  1. jadi kalo suspensi dobel sok itu lemah ya? pemikiran absurd

    BalasHapus
    Balasan
    1. ho oh,,
      hilangin dulu pikiran double shock itu suatu ketertinggalan..
      ane awal nya juga sempat berfikiran begitu. tp setelah baca beberapa review, ternyata hal itu salah besar..!!
      untuk shock, semua sangat tergantung design dan tujuan design dari satu motor.. baca-baca lagi review tentang part motor sebelum menerbitkan review tentang motor..

      Hapus
    2. ya saya juga sangat setuju sama rider???
      masakah shock ganda or tunggal semua mempunyai kelebihan sendiri''???
      kl gandan sangat nyaman untuk jarak jauh???

      pada artikel diatas,,saya hanya melihat pada penampilan saja gan???
      THX telah kasih masukan n THX telah berkunjung???

      Hapus