Rabu, 18 April 2012

SEJARAH MANCHESTER UNITED

Manchester  United???  Siapa yang tidak mengenal  Tim sepak bola terbesar  Inggris ini , setelah Liverpool , Chelsea dan Arsenal . Team yang berjuluk The Red Devils ini dibalik kesuksesan dan kegemilangannya , ternyata memiliki sejarah panjang  yang sangat menarik dan layak untuk disimak untuk agan-agan sekalian yang merupakan fans fanatic dengan Manchester United . Ini gan , ane tampilkan sejarah  singkat Manchester United.

 Tahun Awal (1878-1945)

Manchester United Periode Awal
Tim ini pertama kali dibentuk dengan nama Newton Heat Lancashire And Yorkshire Railway FC.  Team ini pertama kali mengenakan kostum atau kaos tim berwarna hijau-emas. Dan mereka bermain di sebuah lapangan kecil di North Road, dekat stasiun kereta apu Piccadilly Manchester selama 15 tahun , hingga sebelum akhirnya pindah ke Bank Street di kota dekat Clayton pada tahun 1893. Saat mulai memasuki kompetisi sepak bola nama team berubah menjadi Newton Heat FC dan mendirikan perusahaan sendiri karena sudah tidak lagi berhubungan dengan perusahaan stasiun kereta api.
Pada Tahun 1902 , tim nyaris bangkrut dengan utang lebih dari £2500. Dan lapangan mereka Bank Street telah ditutup, namun sebelum team ini bubar , team ini menerima investasi dari J.H. Davies yang merupakan direktur Manchester Breweries. Yang sebenarnya berawal dari seorang legenda tim yang merupakan kapten tim Harry Stafford yang berhasil mempengaruhi JH Davies ini untuk menanamkan modalnya pada tim dan menjadi Chairman tim.  Kemudian diadakan rapat untuk mengganti nama perkumpulan, menjadi Manchester Central dan Manchester Celtic. Hingga  seorang  imigran muda asal Italia bernama Louis Rocca mengusulkan untuk menggunakan nama Manchester United . dan secara resmi akhirnya nama Manchester United mulai eksis dipakai pada 26 April 1902. Davies sendiri juga memutuskan untuk mengganti warna tim menjadi merah putih sebagai warna tim Manchester United.
Ernest Magnall ditunjuk menjadi sekertaris klub menggantikan James West yang mengundurkan diri pada tanggal 28 September 1902. Upaya pertama Magnall gagal  untuk mengangkat timnya ke Divisi I sehingga hanya menempati urutan ke 5 Liga Divisi II. Kemudian Magnall memutuskan untuk menambah skuadnya diklub dengan merekrut pemain seperti Harry Moger , Dick Duckworth, dan John Picken, ada juga  Charlie Roberts yang membuat dampak besar yaitu membawa tim ke posisi tiga klasemen akhir musim 1903-1904. Pada musim 1905-1906 team berhasil finish di posisi ke dua sehingga kemudian dipromosikan ke Divisi Satu. Awal musim di divisi I memang kurang baik untuk United hingga pada tahun 1908. United membidik gelar untuk yang pertama kalinya. Klub membutuhkan waktu 2 tahun untuk mendapatkan kembali trophy Liga Divisi I nya yaitu pada musim 1910-1911, kemudian Manchester United berpindah ke lapangan barunya yaitu Old Trafford dan memainkan laga pertamanya pada tanggal 19 Februari 1910.  Melawan Liverpool tetapi kalah 4-3. Dan tidak mendapatkan trofi pada musim 1911-1912. Magnall sendiripun akhirnya pindah ke Manchester City,setelah 10 tahun bersama United, dan selama 41 tahun United tidak pernah memenangkan satu trofi pun L .
Sejarah terburuk Manchester United yaitu terdegradasi pada tahun 1922 setelah 10 tahun bermain Divisi I, United kembali naik divisi lagi pada Tahun 1925. Namun kesulitan masuk jajaran papan atas Liga Divisi I dan kembali turun Divisi pada tahun 1934. United meraih pencapaian terendahnya sepanjang sejarahnya yaitu peringkat 20 klasemen Divisi II pada tahun 1934. Dan kembali kuat ketika musim 1938-1939.

Era Sir Matt Busby (1945-1969)

Sir Matt Busby
Pada tahun 1945, Matt Busby ditunjuk menjadi manager Manchester United. Dalam melakukan pekerjaan pertamanya Busby tidak merekrut pemain melainkan , merekrut seorang Asisten Manager yang bernama Jimmy Murphy. Dan Keputusan Manchester United merekrut Busby sebagai manager sangat tepat , dan Busby membayarnya dengan mengantar Manchester United ke posisi kedua liga tahun 1947 , 1948 , dan 1949 dan memenangkan PIALA FA tahun 1948. Stan Pearson ,  Jack Rowley,  Allenby Chilton , dan Charlie Mitten memiliki andil yang besar dalam pencapaian United ini. Pada tahun 1952 Manchester United kembali meraih gelar Divisi I. Busby tahu, bahwa tim sepak bola tidak hanya membutuhkan  pengalaman pemainnya saja dan dia berpikir untuk memasukan beberapa pemain muda seperti  Roger Byrne, Bill Foulkes, Mark Jones dan Dennis Violet,  membutuhkan waktu untuk perkembangan pemain mudanya ini  Manchester United tergelincir ke posisi 8.  Pada tahun 1953 , tetapi tim kembali memenangkan liga tahun 1956. Dengan tim yang usia rata-rata pemainnya hanya 22 tahun , sukses mencetak 103 gol. Dan dia merupakan salah satu manager yang paling sukses menanangaini Manchester United (pertengahan 1950-an , pertengahan akhir 1960-an , dan 1990-an). Busby juga memiliki pemain yang bertalenta tinggi yang bernama Duncan Edwards berasal dari Dudley, West Midlands memainkan debut pertamanya pada umur 16 tahun. di 1953.  Musim berikutnya 1956-1957 , Manchester United mencapai Final Piala FA namun kalah dari Aston Villa. Manchester United menjadi tim Inggris Pertama yang ikut serta dalam kompetisi Piala Champion Eropa ,  setelah kebijakan FA membatalkan hak Chelsea untuk tampil di piala champion. Manchester United dapat mencapai Semi-Final dan kemudian harus dikandaskan oleh Real Madrid. Kemenangan terbesar Manchester United di Era Sir Matt Busby yaitu ketika Manchester United mengalahkan tim juara Belgia , Anderlecht 10-0 di Maine Road.

Tragedi Munich ( 6 Februari 1958 )

News Tragedy Munich Manchester United
Tragedi ini terjadi di musim berikutnya yaitu ketika pesawat membawa tim pulang dari pertandingan Piala Champions Eropa mengalami kecelakaan saat mendarat di Muenchen,Jerman untuk mengisi bahan bakar. Dan ini merenggut nyawa 8 Pemain Team L yaitu Geoff Bent , Roger Byrne , Eddie Colman , Duncan Edwards , Mark Jones , David Pegg , Tommy Taylor dan Liam”Billy”Whelan- dan 15 Penumpang L lainnya termasuk beberapa Staf United , Walter Crickmer , Bert Whalley dan Tom Curry. Terjadi 2 kali pendaratan sebelum yang ketiga terjadi kesalahan fatal, yang disebabkan tidak stabilnya kecepatan pesawat karena adanya lumpur. Penjaga gawang United Harry Gregg sempat menyelamatkan Bobby Charlton dan Dennis Viollet  dengan mengencankan sabuk pengamannya. 7 Pemain United  meninggal dunia ditempat sedangkan  Duncan Edwards tewas ketika perjalan menuju Rumah Sakit. Sayap Kanan Johnny Berry  juga selamat, tetapi cedera membuat karier sepak bolanya berakhir dengan cepat. Kemudian Sir Matt Busby akhirnya pulih dengan ajaib setelah 2 Bulan dirawat di Rumah Sakit. Selama Busby dirawat di Rumah Sakit  Jimmy Murphy mengambil alih posisi manager, tetap melanjutkan kompetisi dan mencapai Final Piala FA 1958, meskipun kehilangan pemain-pemain berbakatnya dimana Manchester United kalah oleh Bolton Wanderes. Busby kembali membangun timnya di awal decade 60-an , membeli pemain seperti Denis Law dan Pat Crerand. dan diantara pemain muda, yang terkenal adalah pemain muda Belfast bernama George Best. Tim kembali memenangkan Piala FA tahun 1963, walaupun hanya finish diurutan 19 Divisi I. Keberhasilan di Piala FA membuat pemain menjadi termotivasi dan membuat klub terangkat pada posisi kedua liga tahun 1964, dan memenangkan liga tahun 1965 dan 1967. Manchester United  memenangkan Piala Champions Eropa pada tahun 1968, mengalahkan SL Benfica 4-1 pada pertandingan final, dan menjadi tim Inggris Pertama yang memenangkan kompetisi ini. Tim United saat itu memiliki Pemain Terbaik Eropa yaitu : Bobby Charlton , Denis Law , dan George Best. Matt Busby mengundurkan diri pada tahun 1969 dan digantikan oleh pelatih tim cadangan, Wilf McGuinnes.

Masa Sulit (1969-1986)

Setelah masa yang gemilang , United mengalami masa-masa sulit ketika ditangani Wilf McGuinnes, seperti selesai diurutan ke 8 Musim 1969-1970. kemudian mengawali musim 1970-1971 dengan buruk , sehingga McGuinnes turun jabatan menjadi pelatih tim cadangan. Busby akhirnya kembali melatih namun hanya selama 6 bulan . 1971 Busby meninggalkan united dan harus kehilangan pemain kuncinya seperti Nobby Stiles dan Pat Crerand. Jock Stein yang ditunjuk sebagai pengganti managerpun hanya menyetujui kontrak verbal dengan Manchester United namun membatalkannya. Frank O'Farrell kemudian ditunjuk sebagai suksesor Busby namun tidak bertahan lebih dari 18 bulan , bedanya  hanya Farell berhasil menanggulangi penampilan buruk United , dan membawa angin segar bagi United yaitu dengan direkrutnya Martin Buchan dari Aberdeen seharga £125.000. Tommy Docherty menjadi manager diakhir 1972. untuk menyelamatkan United dari degradasi. namun akhirnya Manchester United kembali terdegradasi pada tahun 1974. yang saat itu Trio Best , Law dan Charlton telah meninggalkan klub. Denis Law pindah ke Manchester City pada musim panas 1973. Kemudian untuk menggantikan peran Trio pemain terbaik , direkrutlah para pemain seperti Lou Macari , Stewart Houston dan Brian Greenhoff. namun tidak membawa dampak positif untuk United.Tim meraih promosi pada tahun pertamanya di Divisi Dua, dengan peran besar pemain muda berbakat Steve Coppell yang bermain baik pada musim pertamanya bersama United, bergabung dari Tranmere Rovers. United mencapai Final Piala FA tahun 1976, tetapi mereka dikalahkan Southampton. Kembali mencapai Final Piala FA lagi pada tahun 1977 dan mengalahkan Liverpool 2-1. Docherty dipecat karena diketahui memiliki hubungan dengan istri fisioterapi.
 Dave Sexton menggantikan Docherty di musim panas 1977, dan membuat tim bermain jadi lebih defensif. Beberapa pemain yang dibeli Sexton antara lain seperti Joe Jordan, Gordon McQueen,Gary Bailey dan Ray Wilkins. Namun Sexton dipecat karena tidak dapat meraih gelar bersama United dan hanya lolos ke babak Final Piala FA . dan dikalahkan oleh Arsenal.
Ron Atkinson pun datang untuk menggantikan posisi Dave Sexton. Dia memecahkan rekor transfer di Inggris dengan membeli Bryan Robson dari West Brom. Robson disebut-sebut merupakan pemain tengah terbaik sepeninggal Duncan Edwards. Tim Atkinson memiliki pemain baru seperti Jesper Olsen, Paul McGrath dan Gordon Strachan yang bermain bersama Norman Whiteside dan Mark Hughes. United memenangkan Piala FA 2 kali dalam 3 tahun, pada 1983 dan 1985, dan diunggulkan untuk memenangkan liga musim 1985–1986 setelah memenangkan 10 pertandingan liga pertamanya, membuka jarak 10 poin dengan saingan terdekatnya sampai Oktober 1986. United kembali buruk hingga akhir musim November 1986, Atkinson dipecat dan United merekrut pelatih baru yaitu Sir Alex Ferguson.

Era Sir Alex Ferguson (1986-Sekarang)

Sir Alex Ferguson
Alex Ferguson datang dari Aberdeen untuk menggantikan posisi Atkinson dan mengantar klub meraih posisi 11 . Musim 1987-1988, United menyelesaikan liga di posisi kedua dengan Brian McClair yang menjadi pencetak 20 Gol liga setelah George Best. United mengalami masa sulit untuk 2 musim berikutnya, dan dampaknya Alex Ferguson berada dalam bahaya pemecatan pada awal 1990, tetapi sebuah gol dari Mark Robins membawa United menang 1-0 atas Nottingham Forest dibabak ketiga Piala FA. dan Alex Ferguson selamat dari bahaya pemecatan tersebut dan memenangkan Piala FA, setelah mengalahkan Crystal Palace di partai ulang babak final. United memenangkan Winner Cup Eropa di 1990-1991, mengalahkan Barcelona. namun harus kalah diliga oleh saingan United yaitu Leeds United.
Kedatangan Eric Cantona (King Cantona) di November 1992 merupakan sebuah langkah krusial United saat itu Cantona membaur bersama pemain dan memenangkan Final Piala FA. menjadikan MU juara dua diliga. Secara mengejutkan, United kembali meraih double pada musim 1995-1996. Ini adalah pertama kalinya klub Inggris meraih double sebanyak dua kali dan akhirnya mereka mendapat sebutan "Double Double". Manchester United memenangkan liga musim 1996-1997 dan Eric Canton menyatakan pensiun dari pesepakbolaan profesional pada usia 30. Manchester United mengawali musim 1997–1998 dengan baik, tetapi mengakhiri liga pada posisi dua klasemen, dibawah pemenang dua gelar, Arsenal.

LAMBANG DAN WARNA KLUB

Ketika nama tim masih Newton Heat, seragam tim berwarna hijau-kuning. Pada tahun 1902, sehubungan dengan pergantian nama menjadi Manchester United, klub mengganti warna seragam mereka menjadi merah (kaos), putih (celana), dan hitam (kaos kaki), yang menjadi standar seragam MU sampai saat ini
Pengecualian ketika tim bertanding di Final Piala FA tahun 1909 melawan Bristol City, kaos berwarna putih berkerah merah berbentuk V. Desain seragam ini kembali digunakan saat 1920-an ketika seragam tim berwarna merah-merah.
Kostum tandang biasanya adalah kaos putih, celana hitam, dan kaos kaki putih, tetap warna lain juga pernah digunakan, termasuk kaos biru bergaris putih yang digunakan dari tahun 1903 sampai 1916, hitam seluruhnya pada 1994 dan 2003 dan kaos biru dengan garis horisontal perak pada tahun 2000. Satu yang paling terkenal, hanya dipakai sebentar, kostum tandang United yang berwarna keseluruhan abu-abu dipakai pada musim 1995–1996. Kostum ini tidak digunakan lagi saat MU kalah pada pertandingan pertama pemakaian kostum ini. Pada babak pertama, MU kalah 3-0 dari Southhampton, mereka mengganti seragam yang mereka kenakan menjadi seragam ketiga mereka yang berwarna biru-putih, tetapi pada akhirnya kalah 3–1. Seragam abu-abu tidak pernah lagi digunakan akibat hasil buruk yang mereka dapat pada pertandingan pertama dengan seragam abu-abu itu. Seragam tandang MU yang terkenal lainnya adalah kaos putih dengan lengan hitam dan garis emas-hitam. Seragam ini adalah seragam terakhir yang didesain Umbro sebelum MU memilih produsen Nike, dan memperingati 100 tahun pergantian nama dari Newton Heath F.C menjadi Manchester United.
Kostum ketiga United berwarna biru, yang dikenakan pemain saat memenangkan Piala Champions 1968. Pengecualian, kostum kuning terang yang digunakan pada awal 1970-an, seragam biru bergaris putih yang dipakai 1996, dan kaos putih bergaris merah-hitam yang dipakai pada 2004. United juga menggunakan kostum ketiga untuk latihan. United mengadopsi warna kostum hitam keseluruhan pada musim 1998–1999 dan kaos biru tua dengan pinggiran marun pada tahun 2001 untuk bertanding melawan Southampton dan PSV Eindhoven.

Berikut Jersey Manchester United dari masa ke Masa
Jersey Manchester United

Untuk Lambang Klub bisa dibaca dibawah ini 
1940 - 1950




Logo Pertama merupakan logo yang diperkenalkan pada tahun 1940-an. Pada logo ini terdapat gambar 2 bintang dan perahu dengan tulisan yang berbunyi "Concilio Et Labore"yang berarti Kebijaksanaan dan Usaha, dan maksud dari kata itu sendiri adalah dalam mencapai usaha untuk mencapai sebuah kejayaan untuk klub, haruslah dilakukan dengan penuh kebijaksanaan.





1950 - 1960


Logo Kedua merupakan logo yang diperkenalkan pada tahun 1950-1960an, logo ini ditampilkan lebih sederhana dan di dominasi dengan warna merah. Tulisan "Manchester United Football Club" mengindikasikan bahwa Manchester United telah mulai bertranformasi menjadi sebuah klub yang lebih profesional.







1970 - 1998


Logo Ketiga merupakan logo yang mulai diperkenalkan pada tahun 1970an , Dimana strip kuning yang ada di tengah, diganti dengan simbol setan yang memegang trisula. Hal ini dikarenakan Manchester United saat diperkuat Sir Matt Busby mendapat julukan "The Red Devils", dan julukan ini disebabkan oleh kekuatan yang menakutkan dari Manchester United saat itu. Selain simbol setan yang memegang trisula , semua elemen yang dipakai dalam logo ini tetap sama . Logo ini dipakai hingga tahun 1998.



1998 - Sekarang

Logo Keempat Logo ini diperkenalkan Manchester United karena mereka telah go public (saham terbuka secara umum ). Dan tulisan "Manchester United Football Club" dirubah menjadi tulisan "Manchester United" saja. Sedikit keterangan saja dari semua logo yang ada diatas , selalu ada gambar kapal di bagian puncaknya. Gambar Kapal dengan 4 layar itu menggambarkan Kanal Manchester, yaitu jalan air yang dibangun untuk membebaskan kota Manchester dari ketergantungan pada pelabuhan Liverpool. Dimana semenjak saat itu, penduduk Manchester merasakan kemakmuran. Dan bahkan, sejak saat itu pula lambang Dewan Kota Manchester diubah, ditambahi kapal layar megah yang sedang melaju di Kanal Manchester. Gambar Kapal ini diperkirakan tidak akan pernah dihilangkan dari logo Manchester United karena, merupakan simbol sejarah dan rasa cinta pada kota.

Pengurus Klub

Pemilik Klub : Malcolm Glazer
Presiden Direktur : Martin Edwards

A. Manchester United Limited
  • Chairman : Joel Glazer & Avram Glazer
  • Direktur   : Bryan Glazer , Kevin Glazer , Edward Glazer & Darcie Glazer
  • Pimpinan Eksekutif : David Gill
  • Chief Operating Officer : Michael Bolingbroke
  • Direktur Komersial : Richard Arnold
B. Klub Sepak Bola Manchester United
  •  Direktur : David Gill , Michael Edelson, Sir Bobby Charlton , Maurice Watkins
  • Sekertaris Klub : Ken Ramsden
  • Assisten Sekertaris Klub : Ken Merrett
C. Staff Tim Senior
  • Sekertaris Perusahaan : Patrick Stewart
  • Assisten Sekertaris Perusahaan: Ken Ramsden
  • Direktur Komunikasi : Phil Townsend
  • Direktur Komersial : Ben Hatton
  • Direktur Pemasaran : Vacant
  • Direktur Servis Finansial : Steve Falk
  • Direktur Servis Finansial dan TI : Steve Deaville
  • Direktur Fasilitas : Clive Snell
D. Staff Kepelatihan dan Manager
  •  Manager : Sir Alex Ferguson
  • Asisten Manager : Mike Phelan
  • Pelatih Tim Utama : Rene Meulensteen
  • Pelatih Kiper : Eric Steele
  • Pelatih Kebugaran : Tony Strudwick
  • Pelatih Fisik : Mick Clegg
  • Manager Tim Cadangan : Warren Joyce
  • Pelatih Tim Cadangan : Warren Joyce
  • Pimpinan Pencari Bakat : Jim Lawlor
  • Pimpinan Pencari Bakat Eropa : Martin Ferguson
  • Direktur Akademi : Brian McClair
  • Direktur Sepak Bola Muda : Jimmy Ryan
E. Staff Kepelatihan dan Akademi
  • Assisten Direktur untuk Usia 17 - 21 tahun : Paul McGuinnes
  • Assisten Direktu untuk Usia 9 - 16 tahun : Tony Whelan
  • Pelatih Kepala U - 18 : Paul McGuinnes
  • Pelatih Kepala U - 16 : Mark Dempsey
  • Pelatih Kepala U - 12 : Tony Whelan
  • Pelatih Kepala U - 10 : Eamon Mulvey
  • Pelatih Pengembangan Teknik : Rene Meulensteen
  • Pelatih Kiper : Richard Hartis
  • Pelatih Akademi : Eddie Leach , Tommy Martin , Mike Glennie & Andy Welsh
F. Staff Medis
  •  Dokter Tim : Dr. Steve McNally
  • Assisten Dokter Tim : Dr. Tony Gill
  • Ahli Fisioterapi Tim Utama : Rob Swire 
  • Ahli Fisioterapi Tim Cadangan : Neil Hough
  • Ahli Fisioterapi Akademi : John Davin & Richard Merron
  • Pemijat : Gary Armer & Rod Thornley
  • Pengatur Makanan Tim : Trevor Lea

Prestasi dan Raihan Trophy


Liga Divisi I Inggris Liga Premier Inggris Piala FA Piala Carling FA Charity(Community Shield) UEFA Champion League Piala Winners UEFA Piala Super UEFA Piala Interkontinental (Kejuaraan Dunia Antar Klub) Piala Dunia Antarklub FIFA
1935-1936 1907-1908 1909 1991-1992 1908 1968 1991 1991 1999 2008
1974-1975 1910-1911 1948 2005-2006 1911 1999

1951-1952 1963 2008-2009 1952 2008

1955-1956 1977 2009-2010 1956

1956-1957 1983
1957

1964-1965 1985
1965

1966-1967 1990
1967

1992-1993 1994
1977

1993-1994 1996
1983

1995-1996 1999
1990

1997-1998 2004
1993

1998-1999

1994

1999-2000

1996

2000-2001

1997

2001-2002

2003

2002-2003

2007

2006-2007

2008

2007-2008

2010

2008-2009

2011

2009-2010

2010-2011

Sumber : Wikipedia dan Berbagai sumber lainnya.

4 komentar:

  1. You really make it appear really easy with your presentation but I in finding this topic
    to be actually one thing which I think I might never understand.

    It kind of feels too complex and very vast for me.
    I'm having a look ahead to your subsequent put up, I will try to get the cling of it!
    My blog post : chelsea transfer news neymar

    BalasHapus
  2. Hey there! Do you know if they make any plugins to assist with SEO?
    I'm trying to get my blog to rank for some targeted keywords but I'm not
    seeing very good success. If you know of any please share.

    Cheers!
    My page : pizza games online for free for girls

    BalasHapus
  3. manatapz abiz infonya keren2
    Anchor Text

    BalasHapus