Jumat, 19 Oktober 2012

Yamaha New Vixion 2012 vs Bajaj Pulsar 200NS, Pilih Mana?


26072012

Yamaha New Vixion 2012 vs Bajaj Pulsar 200NS
Ada beberapa alasan ane memperbandingkan kedua motor ini. Pertama adalah form factornya yang mirip, yaitu sama-sama berada pada mid-size naked commuter bike. Meskipun kubikasi mesin berbeda, namun ukuran motor tersebut sangat tipikal pas dengan ukuran orang Asia. Kedua adalah kemiripan desain body seperti terlihat pada tank flap/shroud, frame/chassis, dan juga pada bentuk kedok lampu utama.
Sejarah ibarat terulang kembali ketika Bajaj Pulsar 180 diluncurkan pada 2006 silam. Kehadirannya saat itu digadang-gadang merupakan pesaing ketat Honda Tiger Revo yang juga baru saja meluncur. Kabar banyak tersiar bahwa dengan kubikasi yang lebih kecil, performa dan efisiensi bahan bakar Pulsar 180 lebih baik daripada Honda Tiger Revo. Hal inilah yang lantas membuat konsumen melirik Bajaj Pulsar 180.
Nah, pada tahun 2012 ini, Bajaj ibarat memilih pesaing baru di kelas yang juga “baru”,  pasca hadirnya Tomotaka Ishikawa yang mana adalah “jebolan” Yamaha India, dan juga rampungnya riset engine Bajaj-KTM yang akhirnya melahirkan Pulsar 200NS. Entah disengaja atau tidak, namun pengamatan ane mengatakan bahwa Bajaj tergiur dengan kesuksesan Yamaha Vixion yang menjadi pemimpin di kelas 150cc alias mid-naked commuter bike dan berniat mengikuti kesuksesan tersebut dengan Pulsar 200NS. Lalu dimana nilai lebih masing-masing?

Yamaha New Vixion 2012
Yamaha New Vixion 2012
Meskipun gambar di atas baru sebatas desas-desus dan belum resmi, namun Yamaha paham betul bahwa sebagai first mover bin market leader di 150cc, mereka harus melakukan penyegaran yang “sedikit” saja namun mampu menarik perhatian. Kalau diperhatikan, nyaris tidak ada perubahan pada sektor mesin berbasis injeksinya, namun perubahan radikal yang “sedikit” itu terjadi pada sektor bodyworks.

Bajaj Pulsar 200NS
Bajaj Pulsar 2012
Sebagai new comer, Bajaj tentu saja harus menyematkan fitur-fitur untuk melawan sang first mover. Jadilah Pulsar 200NS dilengkapi dengan perimeter frame, speedometer digital dan tentunya mesin anyar berbusi tiga untuk melawan teknologi injeksi Vixion. Belum lagi knalpot kolong alias underbelly exhaust yang telah terbukti anti-banjir.
Dengan komparasi singkat fitur-fitur unggulan kedua motor di atas, konsumen akan memiliki pilihan. Namun siapakah yang akan memenangkan persaingan? Katakanlah setelah satu tahun setelah diluncurkan, siapakah yang lebih laku alias lebih dipilih konsumen?
Yuk coba isi kuesioner di bawah ini.. Pilih Yamaha New Vixion 2012 ataukah Bajaj Pulsar 200NS…??

sumber :

3 komentar:

  1. Bukannya Vixi-on ttp 5 speed ??? seperti yg diberitakan di banyak blog roda 2 yg lain ??? dan juga sudah ada penampakannya jg ?

    BalasHapus
  2. gimana mau menjadi pemenang? 200 NS aja ga ketauan kapan datangnya. molor terus, dari oktober ke february atau maret, dan sekarang info terakhir pengiriman baru pertengahan tahun. susah mau ngebandingin kalo cuma liat gambar aja.

    BalasHapus
  3. gimana mau menjadi pemenang? 200 NS aja ga ketauan kapan datangnya. molor terus, dari oktober ke february atau maret, dan sekarang info terakhir pengiriman baru pertengahan tahun. susah mau ngebandingin kalo cuma liat gambar aja.

    BalasHapus